Minggu, 03 Oktober 2010

Analisa penjualan dan Pasar Oleh Hotniar Siringoringo tahun 2002

Tema : Penelitian Penjualan dan Pasar

Analisa penjualan dan Pasar
Oleh Hotniar Siringoringo tahun 2002

A. Latar Belakang

Setiap perusahaan menyadari kelangsungan hidupnya tergantung dari penerimaan pasar dan produksinya. Oleh karena itu penelitian penjualan dan pasar sangat dibutuhkan sebagai salah satu kajian yang diperlukan dalam penelitian pemasaran , namun sangat disayangkan banyak managemen perusahaann yang merasa enggan melakukan penelitian pemasaran penyebabnya adalah anggapan kegiatan itu membutuhkan dana yang cukup besar , disamping anggapan bahwa informasi tentang pasar dapat mereka peroleh tanpa suatu studi yang terorganisasi. Penelitian memang pasti membutuhkan anggaran, tetapi tidak selalu anggaran itu dalam jumlah yang besar bahkan penelitian yang membutuhkan anggaran besar kalau di evaluasi terhadap manfaat yang akan diperoleh akan sangat layak untuk dijalankan.

B. Rumusan masalah

Permasalahan dalam penelitian ini adalah :
1. Bagaimana cara pengukuran potensi pasar.
2. Bagaimana analisa pangsa pasar.
3. Cara penentuan karakteristik pasar
4. Analisa penjualan.
5. Pembentukan kuota penjualan dan teoriti..

C. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari analisa penelitian penjualan dan pasar.







D. Metodologi

a. Variable

variabel yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dari konsumen merupakan data primer sedangkan data yang diperoleh dari eksternal adalah data sekunder.

b. Data

Penelitian penjualan dan pasar sebagian menggunakan data sekunder dan sebagian menggunakan data primer dan pada umumnya merupakan data eksternal.Sumber data eksternal bisa dari BPS. Departermen Perindustrian dan Perdagangan (Deperindag) atau dari konsumen.Data dari BPS dan Deperindag merupakan data sekunder.

c. Tahapan Penelitian

Tahapan penelitian ini adalah :
1. Pengumpulan data meliputu uji pasar,studi saluran distribusi dan prediksi penjualan kausal.
2. Uji validitas dan reliabilitas.

d. Model Penelitian

Penelitian ini menggunakan model sistematis dengan menjelaskan analisis penjualan dan pasar berdasarkan data primer dan sekunder..

E. Hasil Kesimpulan

Bidang kajian penjualan dan pasar banyak diteliti dan diminati diantaranya pengukuran potensi pasar , analisa pangsa pasar , penelitian karakteristik pasar , analisa penjualan ,pembentukan kuota penjualan dan teoriti, studi kompensasi penjualan dll.Sebagian besar data yang digunakan dalam penelitian diatas merupakan data sekunder. Data primer yang dibutuhkan pada umumnya menggunakan teknik survey dalam pengumpulannya, dimana peneliti harus mengevaluasi dengan teliti keseimbangan antara biaya dan manfaat yang diperoleh dari penelitian.

F. Saran dan Usulan Lanjutan

Analisis penjualan dan pasar memang penting jika melihat dari fungsinya untuk perusahaan. Namun yang menjadi kendala adalah besarnya biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk melakukan analisis dan uji coba langsung.

Untuk Usulan Lanjutan saya mengusulkan agar diadakan metode analisis baru yang lebih murah dan efesien namun tidak mengurangi ke akuratan hasil yang dicapai sehingga dapat bermanfaat bagi perusahaan kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar