Minggu, 03 Oktober 2010

Pengaruh Kualitas Teknik Kualitas Fungsional dan Aktivitas Pemasaran Tradisional Terhadap Citra Perusahaan PT.Telkom Kantor Daerah Tasikmalaya Oleh K

Tema : Ekonomi dan Bisnis

Pengaruh Kualitas Teknik Kualitas Fungsional dan Aktivitas Pemasaran Tradisional Terhadap Citra Perusahaan PT.Telkom Kantor Daerah Tasikmalaya
Oleh Kartawan, Toto sugiharto , Sumarna
Tahun 2003

A. Latar Belakang

Menglobalnya dunia sekarang ini tentu saja mempengaruhi tingginya mobilitas orang dari satu tempat ketempat lain. Hal ini sekaligus membawa konsekuensi terhadap ketatnya persaingan bisnis.Salah satu strategi untuk menghadapinya adalah dengan membangun citra perusahaan. Menyadari hal tersebut PT Telkom terus menerus berusaha membenahi diri agar tetap memenangkan persaingan dengan memberikan pelayanan terbaik dan mendapatkan citra.Saat ini belim diketahui bagaimana citra PT Telkom dimata konsumen.

B. Rumusan Masalah


1. Citra PT Telkom kantor daerah telekomunikasi tasikmalaya dihadapkan para pelanggannya belum sepenuhnya diketahui.
2. Pengaruh kualitas teknikal, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra PT Telkom Tasikmalaya belum sepenuhnya diketahui.

C. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk :
1. Mengukur dan menganalisis persepsi konsumen tentang citra PT Telkom Kantor Daerah Telekomunikasi Tasikmalayadi hadapan pelanggannya.
2. Mengukur pengaruh kualitas teknikal, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra PT Telkom Tasikmalaya.

D. Metodologi

Penelitian ini dilakukan dengan metode survey. Data dianalisis dengan analisis korelasi dan regresi.

a. Variable

Variable yang digunakan dalam penelitian ini adalah Variabel kualitas teknik , kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra perusahaan.



b. Data

Data dari penelitian ini didapat dari kuesioner yang telah diuji validitas dan uji reliabilitas dan dibagikan kepada pelanggan Telkom yang berada di wilayah kodya tasikmalaya sebanyak 22.475 pelanggan

c. Tahap Penelitian

Tahap pertama merumuskan masalah yang mempengaruhi citra perusahaan.
Tahap kedua mengumpulkan data dan sampel.
Tahap ketiga menentukan hipotesis.
Tahap keempat mengolah dan menganalisis data.
Tahap kelima menentukan hasil dan menarik kesimpulan penelitian.

d. Model Penelitian

Penelitian ini menggunakan model sistematis dengan data diperoleh dari hasil survey dan kemudian dijelaskan melalui tulisan , gambar , grafik dan table.

E. Hasil Kesimpulan

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa citra PT Telkom sudah baik. Citra tersebut dipengaruhi oleh kualitas teknik , kualitas fungsional , dan aktivitas pemasaran tradisional namun secara parsial kualitas fungsional pengaruhnya tidak nyata.

F. Saran dan Usulan

Melihat hasil kesimpulan diatas dapat disarankan bahwa dalam upaya meningkatkan citra perusahaan perlu diadakan peningkatan terutama dalam dimensi kecepatan dan ketepatan, komunikasi petugas dan kemudahan untuk dihubungi agar masyarakat dapat dilayani dengan maksimal.

Untuk usulan lanjutan perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui factor lain yang mempengaruhi citra perusahaan.Dapat ditambahkan variable seperti pengaruh pesaing dan pengaruh media iklan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar