Minggu, 14 November 2010

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA KARTU CDMA ESIA DIKALANGAN MAHASISWA GUNADARMA

TEMA : KEPUASAN KONSUMEN
JUDUL : ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA KARTU CDMA ESIA DIKALANGAN MAHASISWA GUNADARMA

BAB I

A. LATAR BELAKANG
Saat ini telah banyak beredar kartu gsm atau cdma. Hal ini tentu akan memunculkan persaingan antara sesama kartu gsm, persaingan antara kartu cdma, dan persaingan antara gsm dan cdma. Para provider kartu berlomba – lomba menarik minat pelanggan dengan berbagai macam strategi pemasaran agar tidak kalah saing dan tetap eksis.
Yang banyak diminati oleh konsumen khususnya mahasiswa adalah jenis kartu gsm atau cdma yang memiliki sejumlah keunggulan seperti harga yang terjangkau, jaringan yang luas, akses yang lengkap, dan menu paket yang beragam. Kartu cdma esia merupakan kartu yang diproduksi oleh PT. Bakrie Telecom yang memiliki semua fasilitas tersebut. Berikut ini adalah fasilitas yang diberikan kartu cdma esia kepada pelanggannya :
• HARGA
Dengan banyaknya pilihan harga isi ulang yang terjangkau mulai dari seribu rupiah hingga seratus ribu rupiah maka semua kalangan dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan masing – masing.
• JARINGAN
Dengan adanya fasilitas esia gogo anda dapat menggunakan kartu cdma esia diseluruh kota besar Indonesia. Dengan jaringan yang luas tentu akan menambah kepuasan pelanggan di tiap kota.
• AKSES LENGKAP
Dengan menggunakan kartu cdma esia online, anda dapat mengakses internet dimana saja dan kapan saja. Dapat digunakan untuk mengakses facebook, twitter, dan akses web lainnya.
• MENU PAKET
Menyadari kebutuhan tiap konsumennya berbeda – beda, kartu cdma esia menyediakan banyak menu paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan masing – masing konsumen. Menu paket tersebut antara lain :
1. Paket puas 1 harian, adalah paket sms sepuasnya ke sesama kartu cdma esia selama 1 hari penuh dengan tarif rp. 550/hari.
2. Paket puas 2 harian, adalah paket sms dan telepon sepuasnya ke sesama kartu cdma esia selama 1 hari penuh dengan tarif rp. 1100/hari.
3. Paket puas 1 mingguan adalah paket sms sepuasnya ke sesama kartu cdma esia selama 1 minggu penuh dengan tarif rp. 3000/minggu.
4. Paket puas 2 mingguan, adalah paket sms dan telepon sepuasnya ke sesama kartu cdma esia selama 1 minggu penuh dengan tarif rp. 7000/minggu.

Namun fasilitas tersebut diatas tidak hanya ditawarkan dan dimiliki oleh kartu cdma esia saja, banyak kartu cdma lain yang menawarkan fasilitas yang hampir sama. Tetapi fasilitas yang dimiliki kartu cdma esia dapat dikatakan unggul dalam menarik minat konsumen. Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis tertarik untuk mencoba menganalisis tingkat kepuasan pelanggan pengguna kartu cdma esia dikalangan mahasiswa Gunadarma.

B. RUMUSAN MASALAH

1. Apakah variabel harga, jaringan, akses lengkap, dan menu paket memiliki pengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen
2. Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap produk kartu cdma esia yang diproduksi oleh PT. Bakrie Telecom.

C. TUJUAN PENELITIAN

1. Untuk mengetahui pengaruh variabel harga, jaringan, akses lengkap, dan menu paket terhadap tingkat kepuasan konsumen
2. Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk kartu cdma esia yang diproduksi oleh PT. Bakrie Telecom.

D. KERANGKA PEMIKIRAN
Setiap perusahaan pasti menginginkan setiap konsumennya merasa puas dan terpenuhi kebutuhannya. Oleh sebab itu kepuasan konsumen harus menjadi tujuan utama setiap perusahaan. Konsumen yang merasa puas pasti akan terus menggunakan produk tersebut dan enggan untuk pindah ke produk lain.



Hipotesis :

Ho : Konsumen merasa tidak puas terhadap kartu cdma esia yang diproduksi oleh PT.Bakrie Telecom.

Ha : Konsumen merasa tidak puas terhadap kartu cdma esia yang diproduksi oleh PT.Bakrie Telecom

1 komentar:

  1. Bro saya awam sama metopen.
    Variabel independen dan dependen dari chi square apa ya??(kasus diatas)
    apakah bisa variabel tersebut merupakan profil sampel??
    saya membuat judul"analisis kepuasan konsumen terhadap pusat belanja Carefour"

    BalasHapus